Dokter Anak
Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga masyarakat dan pemerintah. Sehingga orang renta tidak boleh menganggap bahwa pendidikan anak hanyalah tanggung jawab sekolah.
Pendidikan merupakan suatu usaha insan untuk membina kepribadiannya semoga sesuai dengan norma-norma atau aturan di dalam masyaratakat. Setiap orang sampaumur di dalam masyarakat dapat menjadi pendidik, karena pendidik merupkan suatu perbuatan sosial yang mendasar untuk petumbuhan atau perkembangan anak didik menjadi insan yang bisa berpikir sampaumur dan bijak.
Orang renta sebagai lingkungan pertama dan utama dimana anak berinteraksi sebagai lembaga pendidikan yang tertua, artinya disinilah dimulai suatu proses pendidikan. Sehingga orang renta berperan sebagai pendidik bagi anak-anaknya. Lingkungan keluarga juga dikatakan lingkungan yang paling utama, karena sebagian besar kehidupan anak di dalam keluarga, sehingga pendidikan yang paling banyak diterima anak yaitu dalam keluarga. Menurut Hasbullah (1997), dalam tulisannya wacana dasar-dasar ilmu pendidikan, bahwa keluarga sebagai lembaga pendidikan memiliki beberapa fungsi yaitu fungsi dalam perkembangan kepribadian anak dan mendidik anak dirumah; fungsi keluarga/orang renta dalam mendukung pendidikan di sekolah.
Fungsi keluarga dalam pembentukan kepribadian dan mendidik anak di rumah:
- sebagai pengalaman pertama masa kanak-kanak
- menjamin kehidupan emosional anak
- menanamkan dasar pendidikan sopan santun anak
- memberikan dasar pendidikan sosial
- meletakan dasar-dasar pendidikan agama
- bertanggung jawab dalam memotivasi dan mendorong keberhasilan anak
- memberikan kesempatan berguru dengan mengenalkan banyak sekali ilmu pengetahuan dan keterampilan yang berkhasiat bagi kehidupan kelak sehingga ia bisa menjadi insan sampaumur yang mandiri.
- menjaga kesehatan anak sehingga ia dapat dengan nyaman menjalankan proses berguru yang utuh.
- memberikan kebahagiaan dunia dan darul abadi dengan memperlihatkan pendidikan agama sebagai tujuan selesai manusia.
Fungsi keluarga/ orang renta dalam mendukung pendidikan anak di sekolah :
- orang renta berhubungan dengan sekolah
- sikap anak terhadap sekolah sangat di pengaruhi oleh sikap orang renta terhadap sekolah, sehingga sangat diperlukan kepercayaan orang renta terhadap sekolah yang menggantikan tugasnya selama di ruang sekolah.
- orang renta harus memperhatikan sekolah anaknya, yaitu dengan memperhatikan pengalaman-pengalamannya dan menghargai segala usahanya.
- orang renta menunjukkan kerjasama dalam menyerahkan cara berguru di rumah, membuat pekerjaan rumah dan memotivasi dan membimbimbing anak dalam belajar.
- orang renta berhubungan dengan guru untuk mengatasi kesulitan berguru anak
- orang renta bersama anak mempersiapkan jenjang pendidikan yang akan dimasuki dan mendampingi selama menjalani proses berguru di lembaga pendidikan.
Untuk dapat menjalankan fungsi tersebut secara maksimal, sehingga orang renta harus memiliki kualitas diri yang memadai, sehingga bawah umur akan berkembang sesuai dengan harapan. Artinya orang renta harus memahami hakikat dan peran mereka sebagai orang renta dalam membesarkan anak, membekali diri dengan ilmu wacana contoh pengasuhan yang tepat, pengetahuan wacana pendidikan yang dijalani anak, dan ilmu wacana perkembangan anak.
Pendampingan orang renta dalam pendidikan anak diwujudkan dalam suatu cara-cara orang renta mendidik anak. Cara orang renta mendidik anak inilah yang disebut sebagai contoh asuh. Setiap orang renta berusaha menggunakan cara yang paling baik menurut mereka dalam mendidik anak. Untuk mencari contoh yang terbaik maka hendaklah orang renta mempersiapkan diri dengan beragam pengetahuan untuk menemukan contoh asuh yang sempurna dalam mendidik anak.
smbr: fokuspadakeluarga
salam dr anak
0 komentar:
Posting Komentar